Sabtu, 07 Desember 2013

Bussiness Plan - Kewirausahaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Ide Bisnis

Dalam bisnis plan ini saya mempunyai rencana untuk membuka usaha kue karena, selain toko kue di kota Bandung ini saya kira kurang. Ide ini berawal dari keinginan saya untuk mempunyai cabang kue yang berbeda dari yang lain dan karena saya sendiripun menggemari / menyukai kue terutama kue bolu dan kue tradisional.

1.2.            Latar Belakang

Perkembangan usaha bisnis di area globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat pesaing antarperusahaan yang semakin tinggi dan ketat, keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba serta memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing dimana untuk mencapai tujuan tersebut tak lepas dari usaha pemasaran yang harus dipikirkan dan direncanakan sebelum produk.

Dan saya merencanakan bisnis ini karena benyaknya para pengkonsumsi kue baik di Kota Bandung maupun diluar Kota Bandung. Dengan anekaragam dan anekamacam bentuk dan jenis kue yang akan saya produksi untuk konsumen yang menggemari kue dan berwisata kuliner.

1.3.            Tujuan

Dalam usaha ini, saya mempunyai tujuan :

1.      Untuk memperkenalkan kue yang kami produksi.
2.      Menunjukkan bahwa hasil kue kami ini dapat memberi kepuasan untuk konsumen.
3.      Keuntungan yang dapat menarik dan sangat menguntungkan.


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN


2.1.      Pemilik Perusahaan

                        Pemilik bisnis ini adalah saya sendiri, Aisyah Karimah Herwandi. Status saya saat ini adalah sebagai siswi / pelajar di SMK Negeri 3 Bandung, Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

2.2.      Bentuk Perusahaan

                        Bentuk perusahaan yang saya akan jalankan masih berbentuk perorangan, karena masih perusahaan kecil dan modalnya masih minimum.

2.3.      Sejarah Singkat Perusahaan

Toko kue “Karimah” dibentuk oleh saya pada tanggal 25 April 2012 untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata pelajaran Kewirausahaan, SMK Negeri 3 Bandung.

2.4.      Visi dan Misi Perusahaan

Visi      :      “Menjadikan kue yang terkenal sehingga dapat dirasakan oleh semua kalangan dengan harga terjangkau.”

Misi     :           1.  Menerapkan sistem 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun).
2.   Menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan (penunjung).
3. Menciptakan anekaragam dan anekamacam kue yang lezat dan disenangi pengunjung.


2.5.      Jenis Usaha yang Dikelola

            Perusahaan kami mengelola bisnis kue. Saya memilih usaha dibidang kue karena usaha ini dapat mendapat dukungan dari konsumen.

2.6.      Struktur Organisasi Perusahaan



            Pemilik            :           1. Mengatur dan memberi perintah kepada bawahannya.
                                                2. Mengontrol pekerjaan karyawan.
                                                3. Mengamati kegiatan dari setiap bagian.

            Sekretaris       :           1. Mengatur jadwal kerja
2. Mengurus prosedur penerimaan surat/pesanan masuk dan keluar.
3. Operator telepon. 

Bendahara     :           1. Mengatur gaji karyawan
                                    2. Mengatur dan memeriksa keuangan tiap bulan.
                                    3. Pembukuan keuangan yang masuk dan keluar.

Produksi         :           1. Menentukan design kue.
                                    2. Pembuatan anekamacam kue.

Pemasaran     :           Memasarkan dan mempromosikan produk.

Logistik           :           Pengecekan peralatan dan bahan baku seminggu sekali.

Penjualan       :           Menjual hasil produksi kepada konsumen.

2.7.      Analisis SWOT

2.7.1        Strengths (kekuatan)

            Saya menjual bisnis ini melalui online bernama “Karimah” atau bisa mengunjungi rumah saya sendiri untuk pembelian langsung yang menurut saya ini adalah kekuatan untuk calon pembeli agar cepat dan tersebar luas. Selain itu, agar calon konsumen dapat mengetahui langsung jenis-jenis kue yang kami produksi. Karena kue yang kami buat lezat, dan cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Harganya pun terjangkau.

2.7.2.      Weaknesses (kelemahan)

            Saya prediksi kue ini tidak dapat bertahan lama. Pemasukan perhari yang tidak menentu. Ketika hujan, pelanggan jarang berkunjung.



2.7.3.      Opportunities (peluang)

            Karena penggemar kue di Indonesia terus semakin meningkat dan saat ini masih sedikit yang memilih bisnis ini bahkan jarang. Bisnis online menurut saya lebih cepat tersebar luas dan agar orang mengetahui hasil produk kami. Selain membuka situs web, saya pun memasarkan bisnis ini lewat jejaring sosial seperti : facebook, twitter, blog, yahoo messanger, dll.

2.7.4.      Threats (ancaman)

1.      Timbulnya pesaing-pesaing baru.
2.      Timbulnya peniru-peniru dengan lebih inovatif.
3.      Menjual dengan harga yang lebih murah.
4.      Teknik pemasaran yang lebih baik.


BAB III
PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

3.1.            Faktor Penghambat

1.      Banyaknya usaha yang sama.
2.      Harga bahan baku yang tidak stabil.

      Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati-hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan sedangkan untuk mengatasi harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasiatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.

3.2.            Faktor Pendukung

3.2.1.      Alokasi Usaha

            Toko kue “Karimah” berlokasi di daerah Bandung Selatan, yaitu di Komplek Perumahan Kopo Permai I Blok N Nomor 24, RT.07 RW.01, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.


3.2.2.      Fasilitas dan Perlengkapan Produksi

·         Tempat pengolahan
·         Mesin-mesin produksi modern
·         Mushola
·         Mixer
·         Ruang Kantor
·         Oven
·         Gudang
·         Etalase
·         Tempat Pembuangan Limbah
·         Loyang
·         Kantin
·         Stoples, Dus
·         Mini Coffee
·         Spatula, Baskom
·         Parkiran
·         Kuas
·         Pos
·         Kertas Roti

·         Bahan Baku

·         dll

3.2.3.      Bahan Baku

1.      Bahan Baku Utama
2.      Bahan Pelengkap
·         Terigu
·         Coklat
·         Gula
·         Cerry
·         Telur
·         Cream
·         Mentega
·         Seres
·         Baking Powder
·         Pewarna Makanan (alami)
·         Dll
·         Pelezat Rasa
·         Keju
                                                           

3.2.4.      Proses Produksi

            Proses produksi dari produk kami berbeda-beda, tergantung dengan jenis kue yang dibuat (kue kering atau kue basah). Jika kue itu kue kering, kami memanggangnya atau mengovennya lalu kami beri hiasan yang sesuai. Namun apabila itu kue basah, kami bisanya hanya mengovennya sebentar dan kemudian kami beri hiasan. Proses pembungkusannya, jika kue kering, kami memasukkannya ke dalam stoples. Dan apabila kue tersebut kue basah, ada yang kami bungkus terlebih dahulu dengan plastik, daun, dan ada yang langsung kami masukkan ke dalam dus.

3.2.5.      Proses Pengerjaan

1.      Adonan dasar

      Adonan dasarnya yaitu campuran dari bahan-bahan baku. Ada terigu, gula, telur, mentega, dll  yang dicampur.

2.      Proses pembagian / pemberian rasa

      Campuran adonan dasar tersebut setelah tercampur rata akan terus kami bagi rasanya, ada yang rasa coklat, strawberry, blueberry, vanilla, dll.

3.      Proses pembakaran / oven.

      Diproses pembakaran, biasanya kami gunakan untuk kue kering. Proses pembakaran bisa sampai 1 atau 2 jam tergantung kue yang dibuat. Proses dioven, kami gunakan untuk pembuatan kue basah. Kue dioven tidak terlalu lama, asalkan kue itu matang.


4.      Proses pemberian hiasan kue

      Setelah kue tidak terlalu panas, kemudian diberi hiasan. Hiasan bisa berupa cream, cerry, strawberry, atau dengan potongan coklat atau keju yang diparut.

5.      Proses Pengemasan

      Setelah melewati beberapa proses, yang terakhir adalah proses pengemasan. Dalam proses ini, kue dikemas dengan beberapa macam, ada yang dikemas dengan stoples, menggunakan dus, dan ada yang hanya menggunakan bungkus plastik / daun.

            Kami memproduksi berbagai macam jenis kue, yaitu ada kue basah dan kue kering. Untuk proses pengerjaannya hampir sama, hanya yang membedakan adalah proses pembakaran dan pengovenan, proses pemberi hiasan, dan proses pengemasannya. Ada yang di kemas dengan stoples, dengan dus, dan ada juga yang hanya menggunakan plastik / daun.


BAB VI
PERENCANAAN USAHA

4.1.            Perencanaan Pemasaran

            Berhubungan bisnis ini akan berjalan sebagai bisnis online, saya akan memasarkannya di dunia maya, seperti Facebook, Twitter, Blog, Yahoo Messanger, dll. Selain itu, saya akan memasarkannya kepada saudara-saudara, tetangga, keluarga, dan di lingkungan sekolah.

4.2.            Perencanaan Produk

1.      Jenis Produk

Jenis-jenis kue yang kami produksi antara lain :

a.       Kue kering
b.      Kue Basah
·         Kue Nastar
·         Marmer Cake
·         Kue Keju
·         Nagasari
·         Kue Putri Salju
·         Brownis
·         Kue Lidah Kucing
·         Kue Lapis
·         Kue Coklat Kacang
·         Pudding
·         Kue Sabit Coklat
·         Risoles
·         Dll
·         Sarikaya

·         Pastel

·         Bolu Kukus

·         Dll


2.      Jumlah Produk

      Saya menyediakan banyak anekamacm kue yang akan saya jual. Setiap harinya kami dapat menghasilkan kurang lebih sekitar 100 kue yang beranekamacam tergantung tingkat produksi. Jika ada pesanan yang banyak, kami akan mengejar target tetapi tidak mengurangi kualitas dari kue-kue kami tersebut.

4.3.            Perencanaan Sumber Daya Manusia

      Perusahaan kue ini dengan jumlah karyawan 16 orang, (pemilik, sekretaris, bendahara, 6 orang d bagian poduksi, 2 orang dibagian pemasaran, 3 orang dibagian logistik dan 2 orang dibagian penjualan).

      Pemilik memprediksi jumlah calon konsumen yang akan membeli produk kue yang saya jual sekitar 50 orang perhari. Jika dalam 1 hari 50 orang konsumen, maka dalam 1 bulan saya mendapat :

      50 orang konsumen x 30 hari  =           150 calon konsumen.



4.4.            Perencanaan Keuangan

1.      Modal tetap yang diperlukan

·         Mesin, peralatan, dan bahan

v  Netbook                                       :           Rp.   4.000.000,00
v  Modem                                         :           Rp.      350.000,00
v  Oven                                             :           Rp.      200.000,00
v  Loyang + cetakkan kue               :           Rp.      450.000,00
v  Bahan Baku                                 :           Rp.   1.250.000,00
v  Etalase                                          :           Rp.   1.000.000,00
v  Mixer                                            :           Rp.      500.000,00
v  Mesin Kasir                                  :           Rp.   3.000.000,00
v  Peralatan tambahan (hiasan)    :           Rp.   2.500.000,00                       +
 


                                                                              Rp. 13.250.000,00

·         Lain-Lain

v  Biaya Internet / bulan                :           Rp.       500.000,00
v  Biaya pulsa                                  :           Rp.       100.000,00
v  Biaya Telepon                             :           Rp.        350.000,00
v  Biaya Listrik                                 :           Rp.       550.000,00
v  Asuransi                                       :           Rp.       600.000,00
v  Biaya Promosi                             :           Rp.       150.000,00
v  Biaya air                                       :           Rp.       400.000,00
v  Biaya Tak Terduga                     :           Rp.        500.000,00                           +     

                                                                              Rp.     3.150.000,00



2.      Modal kerja yang diperlukan (tenaga kerja)

Pemilik                                                      :           Rp. 1.500.000,00
Sekretaris, Bendahara                            :           Rp. 1.600.000,00
13 karyawan x Rp. 750.000,00              :           Rp. 9.750.000,00                       +
 


                                                                                           Rp. 12.850.000,00

                                                                        TOTAL            :           Rp. 29.250.000,00                                    
3.      Rencana hasil penjualan perbulan

·          Kue Basah

v  Bolu kukus               400  @ Rp.      1.500,00  =     Rp.     600.000,00
v  Brownis                        50  @ Rp.    40.000,00  =     Rp. 2.000.000,00
v  Pudding                    500  @ Rp.      1.500,00  =     Rp.     750.000,00
v  Nagasari                   450  @ Rp.      1.000,00  =     Rp.     450.000,00
v  Tiramisu                      20  @ Rp. 100.000,00   =     Rp. 2.000.000,00
v  Risoles                      300  @ Rp.      2.000,00  =     Rp.     600.000,00
v  Kue Lapis                  250  @ Rp.      1.500,00  =     Rp.     375.000,00
v  Black Forest                25  @ Rp. 100.000,00   =     Rp. 2.500.000,00
v  Birthday Cake             35  @ Rp. 125.000,00   =     Rp. 4.375.000,00
v  Cup Cake                   150  @ Rp.      3.500,00  =     Rp.    525.000,00
v  Rainbow Cake             32  @ Rp.    75.000,00  =     Rp. 2.400.000,00
v  Donat                        300  @ Rp.      3.000,00  =     Rp.  900.000,00 +                  
 


                                                                             Rp. 17.475.000,00




·        Kue Kering

v  Kue Keju                      75  @ Rp.    40.000,00  =     Rp. 3.000.000,00
v  Kue Nastar                  75  @ Rp.    40.000,00  =     Rp. 3.000.000,00
v  Kue Lidah Kucing       80  @ Rp.    35.000,00  =     Rp. 2.800.000,00
v  Kue Putri Salju            78  @ Rp.    35.000,00  =     Rp. 2.730.000,00
v  Kue Coklat Kacang      80  @ Rp.    35.000,00  =     Rp.2.800.000,00+
 


                                                                            
                                                                             Rp. 17.330.000,00

TOTAL               =        2.900 KUE                   Rp. 31.805.000,00

      Jika dalam satu bulan kami dapat menjual kurang lebih 2.900 macam kue dengan total jumlah harga Rp. 31.805.000,00.

Perencanaan hasil penjualan perbulan adalah =

Rp. 31.805.000,00
Rp. 29.250.000,00     -
 


Rp.    2.555.000,00 à Uang kotor (untung perbulan)


BAB V
SARAN DAN KESIMPULAN

5.1.            Saran

            Saran saya adalah bagi penjual harus mengutamakan kualitas produk yang akan di jual. Selalu berinovasi dalam membuat produk yang berkualitas agar mampu bersaing dengan penjual yang lain. Bersikap ramah kepada calon pembeli, melakukan pelayanan prima terhadam pelanggan agar dapat menjadi pelanggan tetap.

            Bagi para penjual (pengusaha) tidak boleh menyerah dalam berwuirausaha dan tidak boleh putus asa. Bekerja dengan sungguh-sungguh dan semangat !

5.2.            Kesimpulan

         Saya membuka usaha kue “Karimah” yang menjual bermacam-macam kue, baik kue bolu, kue kering,  ataupun kue tradisional.
             Rencananya saya akan memasarkan produk ini melalui situs web seperti Facebook, Twitter, Blog, Yahoo Messanger, dll.
Setiap harinya saya dapat menjual sekitar 120 macam kue yang setiap bulannya dapat menghasilkan 2.900 macam kue dengan keuntungan Rp. 2.555.000,00 / bulan.

PENUTUP


Bila dinilai keseluruhan tugas ini belum bisa dikatakan sempurna. Namun Saya bersyukur kepada  Allah SWT, sebab untuk menyelesaikan proposal ini adalah tugas yang cukup berat. Penyelesaian tugas ini, bukan saja memerlukan biaya yang tidak sedikit akan tetapi memerlukan pula waktu yang cukup panjang dan stamina yang prima untuk menyelesaikannya.

Akhirnya tiada kata yang pantas Saya ucapkan kecuali memanjatkan syukur kepada  Allah SWT, yang telah melimpahkan semua rahmatnya sehingga Saya dapat menyelesaikan proposal ini, dan mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua..

Terimakasih atas perhatiannya, Wassalam..



Bandung,      Mei 2013



                                                                        Penulis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar